PRAKTEK SHOLAT BERJAMA'AH DI MASJID MIN BANDAR KIDUL SEBAGAI APLIKASI PEMBELAJARAN FIQIH KELAS II



Salat merupakan ibadah yang terdiri dari atas ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat tertentu.
Salat berjamaah adalah salat yang dikerjakan secara bersama-sama oleh dua orang atau lebih, seorang menjadi imam dan yang lain menjadi makmum dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.
Melaksanakan salat berjamaah hukumnya sunah muakkad, artinya sunah yang dikuatkan atau dianjurkan. Melaksanakan salat berjamaah lebih utama dibandingkan salat sendirian (munfarid). Keutamaan melaksanakan salat berjamaah antara lain di jelaskan dalam hadis dari Ibnu Umar r.a:
قوله تعالى: عن ابن عمر أن رسول الله صلى الله. قال: "الصلاة عليه الأسبقية على الصلاة وحدها بقدر درجة.
Artinya : Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: "shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian sebanyak 27 derajat.
(H.R. Muslim)
Dengan demikian, orang yang melaksanakan sholat berjamaah sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan akan memperoleh keutamaan 27 kali lipat dibandingkan orang sholat sendirian. melaksanakan sholat berjamaah di masjid lebih utama dibandingkan sholat di rumah. Abu hurairah berkata:
رسول الله. أي صلاة يعلمنا شروط الحصول على الاتجاهات ، في المسجد عندما كانت على مكالمة على الدعوة الى الصلاة .
Artinya: Bahwa Rasulullah saw. mengajarkan kepada kita ketentuan-ketentuan untuk mendapatkan petunjuk, yaitu sholat di masjid ketika sudah di serukan suatu azan.

Berdasarkan penjelasan di atas , maka dilaksakanlah praktek sholat berjama'ah untuk kelas 2 sebagai aplikasi dalam mata pelajaran fiqih. Sebagai syarat sah sholat siswa melaksanakan praktek wudhu untuk mensucikan diri dari hadas kecil. Salah satu siswa laki-laki menabuh bedug sebagai  tanda waktu sholat di mulai dan dilanjutkan mengumandangkan azan. serta untuk memulai sholat berjama'ah dikumandangkan iqamah. Salah satu siswa laki-laki  menjadi imam untuk memimpin sholat berjama'ah dan siswa yang lain menjadi makmum. Semua bacaan sholat dibaca nyaring sebagai upaya untuk pembelajaran siswa supaya bisa menghafal bacaan sholat dengan benar dan fasih. Setelah selesai sholat siswa-siswi melaksanakan tadarus Al Qur'an supaya siswa-siswi senang melantumkan asma Allah setiap hari.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JADWAL KEGIATAN EKSTRAKULIKULER HARI SABTU SEMESTER 2

STUDY TOUR YOGYAKARTA

PRESTASI SISWA SISWI MIN BANDAR KIDUL DI AJANG LOMBA BINA KREATIVITAS ANAK SD/MI DALAM RANGKA HARI ANAK NASIONAL (HAN) 2015 TINGKAT KECAMATAN MOJOROTO